BANJAR KAL-SEL SELENGGARAKAN PILKDA/PILKADES SERENTAK

IMG_2086a      Kamis 4 Juni 2015, Pemerintah Kab.Banjar, melalui Badan Kesbangpol Kab.Banjar bertempat di aula Kantor Camat Mataraman melaksanakan koordinasi forum-forum diskusi politik dengan tema Sosialisasi pemilihan pembakal secara serentak se-kecamatan Mataraman. Hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Desa (Pambakal)/Aparat Desa, anggota BPD dan Tokoh masyarakat sekecamatan Mataraman. Camat Mataraman, Ary M. Akbar, S.Stp., M.AP. dalam sambutannya mengatakan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dilaksanakannya forum diskusi politik ini, disamping pengayaan terhadap materi UU No. 6 tahun 2014 tentang Desa, Juga termasuk menunjang terciptanya stabilitas keamanan dalam pemilihan Kepala Desa/Pambakal.

Pertemuan Forum diskusi Politik dibuka Kepala Badan Kesbangpol Kab.Banjar, Drs Syahda Mariadi, M.Si sekaligus memberikan arahan dan mengajak para pambakal, anggota BPD sebagai tokoh masyarakat di desanya dengan melaksanakan tugas-tugas intelejen seperti mewaspadai kegiatan orang-orang baru di desanya sehingga diharapkan keamanan desanya tetap kondusif.

IMG_2085aIMG_2079  Lebih jauh Syahda menyampaikan bahwa saat ini suhu politik mulai meningkat, banyak baliho dan poster-poster dari beberapa kandidat bakal calon Gubernur, Bupati dan Walikota. Banyak cara bakal calon menarik simpati masyarakat seperti kegiatan lomba, pameran hingga pasar murah. Mudah-mudahan kondisi ini tetap kondusif, masing-masing bisa menjaga kebersamaan, jangan sampai terjadi saling dukung-mendukung yang mengakibatkan perpecahan diantara kelompok masyarakat bahkan keluarga. Sikapilah kondisi ini dengan bijak boleh beda pilihan tetapi tetap rukun dan bersatu.

         Secara berturut-turut nara sumber memaparkan materinya masing-masing, Kepala Bidang Pemerintahan Desa BPMPD Kab. Banjar, Fahrian Rahman, S,Stp., M.AP. “Sosialisasi UU No.6 tahun 2014 tentang Desa”. Lebih banyak menjelaskan rencana pemilihan Pambakal secara seretak pada bulan September sebagaimana Pemilukada yang akan dilaksanakan mulai Desember 2015. Turut memberikan materi Kapolsek Mataraman, Aipda Khaerodin “ Masalah Pendidkan Politik Masyarakat dalam Pemilihan Kades secara langsung serta Pengamanannya. Sedangkan Danramil Astambul, Kapten Inf. Dadang Bachtiar, AP.   dengan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara.

         Pertemuan Forum diskusi politik ini diakhir dengan Tanya jawab bagi perserta dan mengharap pertemuan ini tidak hanya dilaksanakan hari ini saja, tetapi berulang kali dan dijadwalkan pada waktu yang akan datang dengan tema yang berbeda (Kesbangpol).

Check Also

Generasi Muda Harus Mampu Melestarikan dan Mengembangkan Budaya Indonesia

Pelestarian Seni dan Budaya Merupakan Tanggung Jawab Bersama. Kebudayaan memegang peranan penting dalam kemajuan suatu …