Capres dan Cawapres Harus Serahkan Visi dan Misi Sesuai RPJPN

 

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hadar Nafis Gumay mengatakan pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) harus menyerahkan dokumen berisi visi dan misi yang sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Nasional pada saat mendaftarkan diri ke KPU.

“Visi dan misi bacapres yang diajukan harus sesuai dengan RPJP Nasional. Mengukur kesesuaiannya cukup melalui penyataan pimpinan parpol bahwa visi dan misinya sudah sesuai RPJP, dan ditandatangani pimpinan parpol atau gabungan parpol yang mengusung bacapres tersebut,” ujarnya di kantor KPU, Jakarta, Senin (19/5).

Ditambahkan, tim pengusung bacapres dan bacawapres, harus memastikan semua dokumen yang disyaratkan sesuai Peraturan KPU nomor 15 tahun 2014 harus disertakan lengkap saat pendaftaran.

Hadar juga menegaskan bahwa satu hari setelah pendaftaran, KPU akan merekomendasikan pasangan bacapres melakukan tes kesehatan di rumah sakit yang telah ditentukan bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

KPU juga akan memverifikasi dokumen-dokumen peryaratan pasangan bacapres paling lama empat hari. Setelah itu, jika terdapat kekurangan atau dokumen yang belum lengkap pasangan bacapres diberikan kesempatan memperbaiki selama tiga hari.

Kesempatan perbaikan hanya diberikan sebanyak satu kali. Setelah itu, KPU akan kembali melakukan verifikasi pada 26-29 Mei 2014 untuk kemudian ditetapkan pasangan capres dan cawapres pada 31 Mei dan penetapan nomor urut pasangan pada 1 Juni 2014.

KPU, lanjut Hadar, masih memberikan kesempatan jika tim pengusung melakukan penggantian pasangan karena, bisa saja setelah dilakukan verifikasi ada pasangan bacapres yang tidak memenuhi syarat misalnya meninggal dunia, atau tidak memenuhi syarat kesehatan untuk kemudian ditetapkan kembali pada 10 Juni 2014.

Check Also

Generasi Muda Harus Mampu Melestarikan dan Mengembangkan Budaya Indonesia

Pelestarian Seni dan Budaya Merupakan Tanggung Jawab Bersama. Kebudayaan memegang peranan penting dalam kemajuan suatu …