FKDM DESA BANTU PAMBAKAL DAN ANGGARKAN OPERASIONALNYA

DSC_1311a

                                Ket. Foto : Kepala Badan Kesbangol Banjar Menyampaikan sambutan

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Banjar membuka secara resmi sosialisasi tentang keberadaan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat di desa Mandiangin Timur kecamatan Karang Intan Rabu pagi (20/05) di rumah kediaman kepala desa (pambakal). Kepala badan Kesbangpol Banjar Drs. Syahda Mariadi, M.Si menyampaikan sambutannya di hadapan warga yang berhadir, Karang Intan memang termasuk kecamatan yang cukup luas dan berpenduduk sekitar 33.000 jiwa lebih. Oleh karenanya pihaknya secara perlahan mencoba menerapkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2006.

Apabila Desa Kiram, Desa Awang Bangkal Barat dan Desa Mandiangin Timur Kecamatan Karang Intan aman dan kondusif. Begitu pula desa-desa di Kecamatan Gambut, Kecamatan Kertak Hanyar, Martapura Barat, Martapura Timur aman-tenteram serta kondusif, maka terwujudlah Kabupaten Banjar aman-tenteram dan kondusif. Ini artinya kepengurusan FKDM Desa telah memberikan manfaat bagi kepentingan desanya, yang berarti mendukung tugas dan peran pambakal dalam menciptakan ketenteraman dan ketertiban masyarakat di desanya.

Syahda berkeyakinan Permendagri No 12 Tahun 2006 ini bermanfaat untuk mewujudkan Kabupaten Banjar yang tenteram dan tertib. FKDM Desa yang dibentuk kelak pasti bermanfaat bagi seluruh masyarakat desa. Paling tidak FKDM desa membantu tugas-tugas Pambakal. Mudah-mudahan Pambakal pun tahun depan menganggarkan dana operasional forum ini melalui Anggaran Pendapatan dan Pengeluaran Desa (APBD Desa).

 Sepanjang jalan dari Martapura hingga ke Mandiangin ditemui berbagai macam postter baliho sebagai kandidat Bupati, Walikota dan Gubernur. Semuanya punya keinginan menjadi Kepala Daerah, tetapi menurut Syahda semua itu hanyalah sebatas sosialisasi atau tebar pesona. Karena semuanya benar-benar memahami aturan yang ada (Undang Undang Nomor 8 Tahun 2015), masing-masing pada Juli nanti harus mendaftarkan diri pada Komisi Pemilihan Umum (KPU Daerah) sesuai persyaratan administratif dan ditetapkan KPU menjadi Bakal Calon. Barulah semua poster dan baliho harus ditertibkan oleh Pemerintah. Seterusnya akan diambil alih oleh KPU dalam hal kampanye (termasuk alat peraga kampanye lainnya).

Camat Karang Intan, Rubaini, S.Sos menyambut gembira mendapatkan kepercayaan Badan Kesbangpol Banjar berkunjung ke Kecamatan Karang Intan sekaligus membentuk FKDM. Desa Mandiangin Timur merupakan desa ketiga setelah Awang Bangkal Barat dan Desa Kiram terbentuknya FKDM. Karang Intan termasuk cukup luas dan desanya ada 26 dengan penduduk sekitar 33.000 lebih jiwa. Oleh karenanya, wilayah yang demikian luas ini berbagai macam persoalan yang terjadi maka masyarakat sendirilah berperan untuk mengatasinya serta bekerja sama dengan aparat Pemerintah (TNI-Polri dan Pemerintah Sipil lainnya).

Menyinggung tahun 2015 akan ada pilkada serentak, Camat Rubaini mengatakan, suhu politik mulai meningkat. Dalam menghadapinya hendaklah berhati-hati jangan sampai ada gesekan di antara kita. Sebab para kandidat sudah ada Tim Suksesnya di desa. Oleh sebab itu FKDM Desa yang terbentuk nanti akan bereran turut mengatasi segala kemungkinan yang bisa terjadi.

Warga masyarakat dengan tekun menyimak paparan dari narasumber, masing-masing Ipdapol Kunarso dari Polres Banjar tentang Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, Serka Jumaruddin dari Kodim 1006 Banjar tentang Wawasan Kebangsaan dari karakter Bangsa, serta Ahmad Arifin dari Badan Kesbangpol Provinsi Kalsel tentang FKDM/Permendagri No.12 Tahun 2006.

Pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Desa Mandiangin Timur Kecamatan Karang Intan yang terbentuk, pada akhirnya dikukuhkan oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Banjar, Drs. Syahda Mariadi, M.Si. pengurus yang dikukuhkan terdiri dari Ketua Ahmad Sairi, Sekretaris Mujidin, Wakil Sekretaris Mariono dan BendaharaYulisti Andriani. Anggota-anggotanya, Herwani, Samhudi, S.Ag, Hasbullah, Gt. Ardiansyah, Komarudin dan Nurul Hasnah.

Sebelum pengukuhan, Kepala Bidang Ketahanan Ideologi dan Kewaspadaan Daerah memberikan kesempatan kepada Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Banjar untuk mempekenalkan diri. Secara singkat ia telah cukup lama mengenal Mandiangin sejak tahun 1970-an lalu. Banyak sahabat dan kenangan ketika masih muda dan bertugas pada Yon 623. Kemudian perkenalan Wakil Ketua Forum Kespadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Banjar, H. Abdurrahim. Ia hanya menyampaikan salam dari Ketua FKDM Banjar, H. M. Sya’rani Saleh.

DSC_1345a

                Ket. Foto : Kepala Badan Kesbangpol Banjar Mengukuhkan FKDM Desa Mandiangin Timur

Selesai pengukuhan dilanutkan makan siang bersama dan diakhiri dengan penyerahan map yang berisi foto kopi materi paparan serta amplop uang saku.

Rencananya, semua forum yang telah terbentuk tahun 2015 akan mendapatkan pengetahuan dan percerahan. Pertemuan tahun depan ini menurut regionalisasi per kecamatan dan diikuti oleh pemgurus FKDM Kabupaten. Bahkan dalam rencana kegiatan tahun depan Badan Kesbangpol Banjar akan membentuk kepengurusan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) pada desa-desa tertentu. Semua ini hakikatnya untuk menjawab tantangan bahwa kabupaten Banjar merupakan kabupaten yang penduduknya majemuk yang terdiri dari berbagai etnis dan suku.

DSC_1351aPihak Kesbangpol Banjar telah membentuk dan mengukuhkan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) kecamatan sebanyak 20 Kecamatan dan satu kepengurusan Kabupaten. Di Kalsel Kabupaten Banjar merupakan satu-satunya Kabupaten yang telah membentuk FKDM Desa. Awal tahun 2014 telah terbentuk FKDM Desa Kiram Kec Karang Intan. Dilanjutkan tahun 2015 di kec Gambut tiga Desa dan Kec Kertak Hanyar dua Desa, April 2015 Desa Tangkas kecamatan Martapura Barat , Desa Awang Bangkal Barat dan desa Mandiangiun Timur Kec Karang Intan, FKDM Desa Mekar Kec Martapura Timur. Dengan demikian FKDM Desa di kabupaten Banjar yang telah terbentuk sebanyak 10 kepengurusan. (Kesbangpol)

Check Also

Generasi Muda Harus Mampu Melestarikan dan Mengembangkan Budaya Indonesia

Pelestarian Seni dan Budaya Merupakan Tanggung Jawab Bersama. Kebudayaan memegang peranan penting dalam kemajuan suatu …