S0SIALISASI PEMILU DUKUNGAN NYATA PILKADA 2015

IMG_2027aKarang Intan. Selasa, 26-05-2015 sebagai peran Pemerintah Daerah dalam membantu kelancaran Pemilukada, Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Badan Kesbangpol Kab. Banjar melaksanakan pendidikan politik. Sosialisasi tentang Pemilihan Kepala Daerah 2015 bagi Perangkat Desa, Anggota BPD dan Ketua TP PKK Desa se kecamatan Karang Intan. Camat Karang Intan, Rubaini, S.Sos. dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas dilaksanakannya sosialisasi ini. Tentu saja sangat penting bagi kami di samping pencerahan bagi petugas PPK, PPS dan KPPS yang bertugas pada Pemilu tahun 2014 lalu (Pilek dan Pilpres), juga menerima aturan-aturan baru UU No. 8 tahun 2015. Ia berharap hasil sosialisasi ini agar disampaikan kepada warga sekitarnya minimal dangsanak dan keluarga serumah pelaksanaan Pemilukada nanti di Kec. Karang Intan tetap terpelihara dalam kondisi yang aman dan kondusif .

Sosialisasi ini dibuka oleh Kepala Badan Kesbangpol Kab.Banjar Drs.Syahda Mariadi,M.Si dalam acara pembukaan menyampaikan, bahwa acara sosialiasi ini merupakan salah satu dukungan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan Pilkada. Sebelumnya sosialiasi ini sudah dilaksanakan pada tiga SLTA di Martapura, Akper Intan Martapura, Akbid Martapura, Aparatur Sipil Negara/PNS di Kabupaten Banjar, Aparat Desa/Kelurahan, BPD, TP PKK Desa di Kec. Martapura dan sekarang di Kec. Karang Intan. Dengan sosialisasi ini diharapkan tingginya tingkat partisipasi masyarakat dalam pilkada nanti.

Lebih jauh Syahda menyampaikan bahwa saat ini kita sudah sering melihat beberapa baliho-baliho dan poster dari beberapa kandidat bakal calon Gubernur, Bupati/Walikota. Suhu politik meningkat, banyak cara bakal calon menarik simpati masyarakat. Mudah-mudahan kondisi ini tetap kondusip, masing-masing bisa menjaga kebersamaan, jangan sampai terjadi saling dukung-mendukung

Yang mengakibatkan perpecahan diantara kelompok masyarakat bahkan keluarga. Sikapilah kondisi ini dengan bijak boleh beda pilihan tetapi tetap bersatu

IMG_2073a IMG_2040a Sosialiasi diawali dengan narasumber Pasi Intel Kodim 1006/Mtp Kapten.Inf.Kurmanto, menyampakan materi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara. Dari Polres Banjar Brigpol Fauzan Irhamna, yang menjelaskan Polres Banjar Dalam Rangka Pengamanan Pilkada 2015. Menurut Fauzan cukup aman dan kondusif, meskipun terdapat tindak pidana namun gangguan kamtibmas ada penurunan dibandingkan tahun lalu. Pihaknya terus berupaya untuk mengurangi, kalau menghilangkan sama sekali sungguh suatu tugas yang berat sekali. Dalam menghadapi Pilkada nanti ketika melihat adanya pelanggaran laporkan saja ke Bawaslu/Tim terpadu dengan bukti-bukti yang lengkap.

M.Safwani,SE selaku Komisioner KPU yang bertugas menyampaikan sosialisasi Pilkada Serentak 2015 lebih banyak menjelaskan mengenai Pilkada 2015, juga menyinggung mengenai perubahan-perubahan dari Perpu No. 1 Tahun 2014 diubah menjadi UU No. 1 Tahun 2015 dan terakhir diubah menjadi UU No 8 Tahun 2015. Lebih jauh Safwani menjelaskan bahwa sekarang sedang tahap penyeleksian anggota PPK. Sebagaimana surat KPU No. 183/KPU/IV/2015 tanggal 27 April 2015, tentang Penjelasan Anggotqa PPK,PPS dan KPPS belum pernah menjabat 2 kali. Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa :

-Menunjuk pasal 18 (1) huruf k disebutkan bahwa persyaratan menjadi anggota PPK,PPS dan KPPS belum pernah menjabat 2(dua) kali sebagai anggota PPK, PPS dan KPPS.

-Persyaratan sebagaimana dimaksud angka 1 diatas adalah anggota PPK, PPS dan KPPS yang sudah menjabat 2(dua) kali periode berturut-turut dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota serta Pemilihan Umum Presiden dan wakil Presiden serta Pemilihan Umum Legislatif pada :

a. Periode pertama dimulai tahun 2005 hingga tahun 2009

b. Periode kedua dimulai pada tahun 2010 hingga tahun 2014 dan seterusnya.

Sedangkan pembuktian bahwa yang bersangkutan tidak pernah menjabat 2(dua) kali dimuat dalam surat pernyataan dan komfirmasi saat wawancara.

Narasumber terakhir (tambahan) berasal dari Kepala Bidang Ketahanan Seni Budaya, Ekonomi, Agama dan Kemasyarakatan Badan Kesbangpol Banjar, Slamet Rianto, S.Sos memberikan pencerahan bagi peserta sosialisasi beberapa potong film animasi tentang semangat dan kerja keras. Terlebih lagi dewasa ini makin marak penyalahgunaan narkoba bagi kalangan anak-anak termasuk penyalahgunaan lem fox dan obat-obat lainnya yang masuk obat keras. (Kesbangpol)

Check Also

Generasi Muda Harus Mampu Melestarikan dan Mengembangkan Budaya Indonesia

Pelestarian Seni dan Budaya Merupakan Tanggung Jawab Bersama. Kebudayaan memegang peranan penting dalam kemajuan suatu …