WAKIL BUPATI BANJAR MENGHIMBAU KEPADA MASYARAKAT MELALUI ACARA PENYULUHAN PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN PENYALAHGUNAAN GELAP NARKOTIKA (P4GN) DI KECAMATAN MARTAPURA

Peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba akhir-akhir ini sudah sangat mengkhawatirkan. Mulai dari lingkungan masyarakat dan juga sudah masuk ke lingkungan pelajar. Bahkan sebagian besar pecandu dan penyalahgunaan narkoba adalah mereka yang termasuk golongan remaja usia produktif yang masih duduk dibangku sekolah maupun bangku kuliah.

Pemerintah Daerah Kab. Banjar melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kab Banjar Bidang Ketahanan Seni, Budaya, Agama, Ekonomi dan Kemasyarakatan menyelenggarakan penyuluhan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Gelap Narkotika (P4GN). Acara berlangsung di Aula Kecamatan Martapura Kota, Senin (24/7/2017).

aaWakil Bupati Banjar H. Saidi Mansyur dalam sambutannya menyampaikan beberapa himbauan kepada masyarakat Martapura Kota baik itu dari tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda/pemudi, agar menjauhi Narkoba. Beliau mengatakan melihat dari dampak yang ditimbulkan akibat penyalahgunaan narkoba tersebut, maka hal yang paling utama untuk dilakukan adalah tindakan preemtif (edukatif) dan preventif (pencegahan).pencegahan juga dilakukan melaui pengendalian dan pengawasan jalur resmio dan jalur peredaran gelap narkoba. Misalnya, melakukan razia di tempat-tempat yang diduga kuat menjadi “sarang” narkoba, pengawasan di bandara, dan lain-lain. Namum demikian tindakan represif  (penegakan hukum terhadap penyalahgunaan yang sudah terjadi) juga harus digalakkan, pungkas beliau.

Terakhir Wakil Bupati Banjar H. Saidi Mansyur mengatakan “masalah narkoba adalah masalah kita semua. Mari kita memberantas penyalahgunaan narkoba dengan berbasis pada ketahanan keluarga. Media, baik cetak maupun elektronik, mempunyai peran yang sangat besar untuk memberikan penyadaran akan berbagai bahaya narkoba”.

aaaKepala Badan Kesbangpol Banjar Drs. H Sofwan Soeryadi, M.AP diwakili Kepala Bidang Ketahanan Seni, Budaya, Agama, Ekonomi, dan Kemasyarakatan Drs. H Arbudin, M.Si mengatakan, penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba dewasa ini sudah menjadi ancaman serius terhadap berbagai aspek kehidupan, bahkan terhadap kelangsungan hidup bangsa secara umum dan khususnya di Kabupaten Banjar.

aaaaaCamat Martapura Kota Drs. Achmad Junaidi sangat apresiasi pada penyeleggaraan penyuluhan P4GN ini. Beliau juga menyambut hangat kedatangan Wakil Bupati Banjar dalam acara Penyuluhan tersebut.

aaaaaaaaaaaaPara peserta menyimak materi yang diberikan narasumber yang dihadirkan. Antara lain dari BNNP Kalsel Kabid P2M H. Ipansyah SE,MM dengan materi Pemberdayaan Lingkungan Kerja Bebas Narkoba Melalui P4GN dan dari Sat Narkoba Polres Banjar Bripka Akhmad Yulianto dengan materi Penyuluhan Penyalahgunaan Narkoba dan Upaya Pencegahan Peredarannya. Para peserta pun antusias mengikuti kegiatan itu dengan bertanya sebanyak-banyaknya soal narkoba. (hr/kesbangpol)

Check Also

Generasi Muda Harus Mampu Melestarikan dan Mengembangkan Budaya Indonesia

Pelestarian Seni dan Budaya Merupakan Tanggung Jawab Bersama. Kebudayaan memegang peranan penting dalam kemajuan suatu …